Senin, 24 September 2012

Hasil Diskusi Pengalaman Observasi Media Pembelajaran di TK dan SD

Media pembelajaran yang digunakan di TK ABA INTI dan SD N TAMANSARI III :

Saya melakukan observasi  media pembelajaran kelas V di SD N TAMANSARI III, pada saat itu guru menjelaskan mata pelajaran IPA khususnya materi Alat Peredaran Darah dan Fungsinya. Pertama guru menerangkan bagaimana darah dapat mengalir hingga ke seluruh tubuh dengan menggunakan gambar jantung yang ditempelkan di papan tulis. Setelah itu guru menggunakan alat peraga berupa botol, selang, plastisin, air, dan pewarna yang disusun seperti alat peredaran darah. Siswa pun antusias mengikuti pelajaran IPA tersebut karena media pembelajaran yang digunakan menarik. Kemudian guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok mempraktekkan peredarah darah menggunakan alat peraga yang digunakan.

Sedangkan media pembelajaran yang digunakan di TK ABA INTI yaitu menggunakan lagu-lagu, alat peraga benda 3 dimensi, gambar-gambar. Dengan menggunakan lagu-lagu siswa diajaang digunakanrkan tentang ajaran Islam, sopan santun, tata krama dll. Siswa antusias mengikuti pelajaran tersebut. 

Dari diskusi tersebut, saya mendapatkan pengalaman baru yaitu, ternyata media pembelajaran yang digunakan di TK dan SD berbeda. Di TK cenderung belajar sambil bermain, sehingga anak-anak tidak bosan mengikuti pelajaran. Begitu juga di SD, proses pembelajaran menarik dan tidak monoton sehingga siswa antusias mengikuti pelajaran dan siswapun lebih mudah memahami materi pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar